Sabtu, 04 Agustus 2012

Napza, Narkoba, dan Narkotika

Napza disebut juga dengan istilah narkoba yang merupakan singkatan dari narkotika, psikotropika, dan zat/bahan berbahaya lainnya.
Narkoba berasal dari Bahasa Inggris yaitu narcotics yang artinya obat bius. Dalam bahasa Yunani disebut narkose yang artinya menidurkan atau membius.

Definisi narkotika yaitu zat atau obat baik yang berasal dari tanaman sintetis maupun semi sintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran dan mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri serta menimbulkan ketergantungan.

 Penyebab Penyalahgunaan Narkoba

1.  Faktor Internal : Faktor yang berasal dari diri sendiri.
a.       Keluarga : Jika hubungan dengan keluarga kurang harmonis, maka seseorang akan mudah merasa putus asa dan frustasi. Akibatnya orang akan mencari kompensasi di luar rumah dengan menjadi konsumen narkoba.
b.      Ekonomi : Kesulitan mencari pekerjaan menimbulkan keinginan untuk bekerja menjadi pengedar narkoba. Seseorang yang ekonomi cukup mampu, tetapi kurang perhatian yang cukup dari keluarga atau masuk dalam lingkungan yang salah, akan lebih mudah terjerumus jadi pengguna narkoba.
c.       Kepribadian : Apabila kepribadian seseorang labil, kurang baik, dan mudah dipengaruhi orang lain maka lebih mudah terjerumus pada narkoba.

2. Faktor Eksternal : Berasal dari orang lain.
a.       Pergaulan : Teman sebaya mempunyai pengaruh cukup kuat bagi terjerumusnya seseorang kelembah narkoba, biasanya berawal dari ikut-ikutan teman.  Terlebih bagi seseorang yang memiliki mental dan keperibadian cukup lemah, akan mudah terjerumus.
b.      Sosial /masyarakat : Lingkungan masyarakat yang tidak baik dan tidak terkontrol pergaulannya akan sangat mudah terpengaruh ajakan untuk menggunakan narkoba.

Gejala dan Akibat Penggunaan Narkoba

Faktor yang mempengaruhi gejala dan akibat narkoba antara lain :
  1. Konsentrasi obat yaitu kadar obat yang dikonsumsi. Semakin tinggi kadar obat maka akan merasakan gejala yang lebih kuat pula.
  2. Jenis pelarut mempengaruhi efektivitas kerja zat aktif yang terkandung dalam narkoba.
  3. Lamanya mengkonsumsi obat karena sakit, akan terpengaruh oleh dosis dalam obat. Pengaruhnya juga akan bertahan lama. Apabila sebelumnya pengguna telah merasa sakit dan selama itu mengkonsumsi maka pengaruh yang dirasakan akan besar.

Gejala Umum Penanda bagi Pemakai Narkoba

Pada awalnya akan menimbulkan rasa tidak nyaman seperti mual, muntah, pusing, pandangan kabur dan rasa gelisah. Bila menggunakan obat bersifat analgetik (jenis narkotika) menimbulkan rasa senang berlebihan dan perasaan melayang.

Jika konsumsi jenis psikotropika gejala awal khayalan yang indah-indah, rasa tenang, dan percaya diri. Untuk zat adiktif dan bahan berbahaya lain, mengenakkan dan menyenangkan menimbulkan rasa aman seolah dunia indah dan nikmat.


Perubahan Psikis atau Kejiwaan karena Pengaruh Narkoba

Perubahan tingkah laku antara lain :
  1. Menjadi Introvert (tertutup).
  2. Tidak dapat mengontrol emosi.
  3. Suka mencuri.
  4. Berbohong.
  5. Kasar dan tidak sopan.
  6. Acuh dan jorok.
  7. Pola makan dan tidur berubah.
  8. Bicara tidak jelas serta jalanya sempoyongan.
  9. Tidak suka mandi dan berpakaian tidak rapi.
Perubahan fisik antara lain :
  1. Muka pucat dan pandangan kosong.
  2. Tubuh kurus karena hilangnya nafsu makan.
  3. Daya tahan tubuh turun, sering batuk, pilek, kedinginan.
  4. Mata terus menerus berair, serta hidung dan mulut kering.
  5. Sering menggunakan baju panjang (karena banyak bekas tanda goresan dilengannya).
  6. Perubahan fisik misalnya kurus dan berwajah kuyu.

 Efek Narkoba/Napza pada Tubuh
  1. Pada otak, narkoba dapat mengakibatkan perdarahan pada pembuluh darah otak (stroke).
  2. Pada paru-paru, mengakibatkan asma, bronkhitis.
  3. Pada jantung, mengakibatkan gagal jantung dan infark miocard (MCI).
  4. Pada liver, mengakibatkan hepatitis dan kenker hati.
  5. Pada alat reproduksi mengakibatkan impotensi, keguguran, mandul, sipilis, dan GO (Gonorhea).
  6. Pada sistem pertahanan tubuh dapat memicu penyakit HIV/AIDS.
  7. Pada ginjal, lambung, darah dan sistem hormonal.

Sebagai generasi muda yang baik, kita harus pandai-pandai memilih teman. Jangan sampai terjerumus dalam hal yang negatif. Untuk itu kita harus menghindari narkoba, karena efeknya sangat fatal bagi kesehatan tubuh kita. Hidup generasi muda!! Semoga bermanfaat untuk kalian semua.

0 komentar:

Posting Komentar